Manfaat Bermain Scrabble

[source]




Banyak orang menyangka manfaat dari bermain scrabble adalah menambah vocabulary bahasa Inggris. Itu benar, tapi masih banyak manfaat lainnya dari permainan ini. Semenjak tahun 1991, kompetisi WSC (World Scrabble Championship) telah diselenggarakan sebanyak 11 kali, dan pada kenyataannya, 10 orang yan pernah merasakan menjadi juara dunia mempunyai profesi yang berbeda satu sama lain, dan banyak yang gak berhubungan dengan English Literature (contohnya: Arsitek, Akuntan).  Kenyataannya, scrabble bukan hanya permainan word, tapi di dalamnya terkandung aspek matematika dan strategy. Manfaat permainan ini apabila dijabarkan saru per satu adalah:
  • · Menambah Vocabulary bahasa Inggris
Seiring dengan seringnya bermain, maka semakin banyak kata kata baru yang akan muncul atau keluar di permainan scrabble, pemain secara otomatis akan bertambah vocabularynya.
  • · Anagram Skill
Gak hanya vocabulary, tapi anagram (unscrambling letter into meaningful word) juga akan terlatih. Anda mungkin mempunyai vocabulary yang baik, tapi kenyataannya seorang pemain scrabble tetap harus ngacak ngacak huruf yang di dapat untuk membentuk suatu kata. Contoh: IIGGNNR. Tanpa anagram skill yang bagus, kemungkinan anda tidak dapat menemukan RINGING.
  • · Strategy, terutama menyangkut cost-benefit, pengambilan keputusan yang sulit dan prediksi
Seorang pemain scrabble yang baik, tentu dapat melihat banyak moves yang bis dia lakukan, dan bisa memilih move mana yang paling baik, berdasarkan score, rack leave (huruf yang masih tersisa di rack), dan kondisi papan. Kadang kadang, seorang pemain harus meninbang resiko mau score besar, namun tile sisanya gak seimbang, dan membuka kesempatan lawan untuk dapat nilai besar, atau score kecil tapi lebih aman. Hal ini mungkin gak bakal menjadi suatu permasalahan pada level awal, namun seiring dengan bertambahnya level anda bermain dan lawan anda, semakin pentinglah menimbang mana move yang terbaik. Manfaat ini dapat terbawa secara gak langsung ke kehidupan nyata. Rata rata seorang pemain scrabble profesional dapat lebih cepat untuk memutuskan sesuatu, karena mereka sudah terbiasa “dilatih” secara gak langsung untuk cepat mengambil sebuah keputusan yang sulit dengan cepat, dengan mempertimbangkan keuntungan dan kerugian masing masing pilihan. Sama halnya dengan prediksi, seorang pemain scrabble yang profesional juga harus dapat memprediksi apa yang bakal terjadi 2 sampai 3 move ke depan, kira2 lawannya bakal jalan dimana. Similar dengan game catur. Hal ini secara gak langsung juga akan membuat seorang pemain scrabble lebih akurat dalam memprediksikan segala sesuatu, karena mereka terlatih untuk itu.
  • · Berhitung cepat
Siapa bilang permainan scrabble hanya permainan kata? Well, kalo anda gak bisa ngitung cepat, anda bakal mengalamai kerugian yang gak sedikit di game ini. OK, mungkin kalau selama ini anda main di komputer menggunakan software, hal ini bisa dikesampingkan, namun permainan scrabble face to face sangat menuntut anda untuk dapat berhitung cepat, karena tidak ada yang akan menghitung score anda selain anda sendiri. Semakin lama anda berhitung, semakin lama pula waktu yang dibutuhkan anda untuk membuat move, sementara rata rata kompetisi masih menggunakan 1 menit per move.
  • · Daya ingat/memory
Seorang pemain scrabble professional dituntut untuk tahu sebanyak mungkin kata kata yang terdapat di kamus CSW (Collins Scrabble Words). Lantas, gimana caranya biar dengan cepat kuasain vocabulary? Kebanyakan pemain scrabble hanya menghafal kata kata tersebut tanpa artinya, karena tuntutan tersebut. Anda tidak akan ditanya apa arti kata tersebut, ketika anda membuat kata yang tidak umum di sebuah kompetisi resmi. Hal ini mungkin terdengar aneh atau curang untuk sebagian orang, namun, kenyataannya adalah seperti itu. Pemain scrabble professional memang mempunya vocabulary (vocabulary sesungguhnya yang memang mereka tau artinya) lebih banyak dari orang biasa, namun mereka juga mempunyai “aided vocabulary”, vocabulary yang sebenarnya hanya mereka tahu itu ada di kamus, namun tidak mengetahui apa makna kata tersebut. Segi positifnya, pemain scrabble dituntut mempunyai daya ingat yang kuat untuk menghafal banyak vocabulary tambahannya.
  • · Kesabaran/ pengendalian emosi
Seriously, percaya tidak percaya bermain scrabble juga dapat melatih pengendalian emosi anda. Scrabble bukan catur dimana faktor luck sangat kecil, kekalahan dalam catur adalah 90% kesalahan pribadi dan 10% bad luck. Namun, scrabble tidak demikian. Kekalahan pemain disebabkan 30-40% karena bad luck dan 50-60% karena kesalahan pemain itu sendiri. Kenapa ini bisa melatih kesabaran? Coba bayangkan anda dalam suatu tournament, anda benar benar membutuhkan kemenangan, dan hanya bisa pasrah menerima kenyataan kalau tile anda sedang “gak balance”, vokal semua, atau konsonan semua… Pengendalian diri penting disini. Kadang kadang pemain scrabble harus menerima kekalahan dengan lapang dada, sekalipun itu memang disebabkan karena faktor luck.