Scrabble Kertas: Inovasi Praktis Bermain Scrabble


Kisah ini berawal saat saya minta dibelikan set game Scrabble. Duuh, kayak anak kecil, ya? Minta dibelikan mainan...


Permainan yang bagi segelintir orang kelihatan tidak berguna ini adalah salah satu permainan papan yang menantang dan menyenangkan bagi saya. Memang pada kenyataannya, Scrabble mengasah kita dalam memikirkan suatu kata dengan cepat, kemudian menyusunnya dalam susunan yang mirip teka-teki silang. Itulah alasan mengapa saya sangat menyukai permainan papan yang satu ini.

Nah, karena sempat kecewa karena tidak sempat dibelikan set game--dikarenakan dana tidak mencukupi, maka dari itu saya memutuskan untuk menghidupkan komputer dan membuka Microsoft Excel, kemudian langsung membuat kotak-kotak kecil yang ditulisi huruf besar dan angka berukuran kecil. Kotak-kotak kecil yang berupa susunan huruf untuk Scrabble untuk bahasa Inggris ini saya contoh dari sebuah gambar yang saya temukan dari Wikipedia Indonesia. Saya bersikeras membuat sesuai dengan gambar tersebut, walaupun sebenarnya yang sedang dibuat sekarang ini adalah Scrabble bahasa Indonesia.

Sumber Gambar: Wikipedia Indonesia

Papan permainannya juga saya buat di Microsoft Excel. Hasilnya? Lumayan. Hmm, walaupun saya membuat segala tulisan di papan permainannya itu dalam bahasa indonesia, tapi seperti yang saya jelaskan tadi, sebenarnya huruf-hurufnya itu untuk Scrabble bahasa Inggris. Oh iya, semua properti Scrabble yang saya buat itu saya cetak di atas kertas Linen, yaitu kertas yang biasa digunakan untuk mencetak sertifikat atau piagam.

Setelah saya mencetak semua bagian Scabble, saya merasakan ada yang kurang. Aha! Rak huruf! Tanpa pikir panjang, langsung kubuka CorelDRAW untuk membuat rak huruf model lipat untuk Scrabble ini. Rak ini pun dicetak di kertas Linen.

Kemudian, saya berpikir, alangkah tanggungnya kalau sudah membuat lengkap, tapi tidak dikemas. Karena itu, saya membuat kaver untuk Scrabble buatanku. Nama Scrabble ini adalah "Scrabble Kertas". Lagi-lagi, termasuk kavernya saya cetak di atas kertas Linen.

Walaupun hanya dari kertas, Scrabble ini sangat menghibur teman-teman di kelas saya. Saat pelajaran bahasa Inggris, saya mengusulkan pada guru untuk bermain Scrabble, dan akhirnya disetujui. Teman-teman saya bermain permainan ini dengan sangat antusias, sambil merangkai kata—dalam bahasa Inggris. Saking serunya, permainan masih berlanjut setelah guru bahasa Inggris kami keluar dari kelas, sampai jam istirahat habis. Eh, lupa jajan, deh.