Cara Cepat Menguasai 16 Tenses Dalam Bahasa Inggris Paling Ampuh


Cara Cepat Menguasai 16 Tenses Dalam Bahasa Inggris Paling Ampuh

Cara Cepat Menguasai 16 Tenses Dalam Bahasa Inggris Paling Ampuh – Tenses? Mendengar kata ini mungkin sebagian sahabat BDBI merasa ‘merinding’ atau ‘meriang’, karena yang terbayang di pikiran adalah rumus-rumus membosankan yang sangat susah untuk di pahami dan dimengerti. Sahabat BDBI yang merasa demikian kerena belum merasakan mudahnya belajar tenses sekaligus juga belum merasakan dahsyatnya manfaat dari mempelajari tenses untuk percakapan dalam bahasa Inggris.
Secara bahasa, Tenses berarti waktu. Jadi, tenses adalah bentuk dari kata kerja yang menunjukkan terjadinya sebuah aktivitas/kegiatan yang dilakukan oleh orang, benda, atau objek lainnya. Seperti yang kita ketahui bersama bahwasannya tenses akan selalu ada pada setiap kalimat dalam bahasa Inggris. Namun, tenses tersebut juga akan berubah sesuai dengan waktu dan juga sifat kejadiannya.


Berdasarkan waktu kejadian, tenses dalam bahasa Inggris dapat dibagi menjadi 4 bagian utama yaitu:
  1. Present Tense: Waktu saat ini/sekarang
  2. Past Tense: Waktu dulu/lampau
  3. Future Tense: Waktu yang akan datang
  4. Past Future Tense: Waktu yang akan terjadi dimasa lalu/lampau
Sedangkan, jika dilihat berdasarkan waktu sifat dari kejadiannya, maka tenses yang kita kenal dapat dibagi menjadi 4 bagian pula, yang terdiri dari:
  1. Simple: Kegiatan yang tidak sedang dalam proses
  2. Continuous: Kegiatan yang masih atau sedang dalam proses
  3. Perfect: Kegiatan yang telah/sudah selesai
  4. Perfect Continuous: Kegiatan yang sudah dimulai dan berlangsung pada suatu saat tertentu
Dalam belajar bahasa Inggris, sudah dapat dipastikan bahwa tenses adalah mutlak diperlukan dan menjadi suatu ‘kewajiban’ yang harus dikuasai. Tenses tersebut nantinya akan menunjang dan mendukung sahabat BDBI semua dalam mengusai bahasa Inggris. Lalu bagaimana cara cepat untuk menguasai ke 16 tenses dalam bahasa Inggris tersebut?
Berdasarkan pengalaman admin dan dari beberapa buku yang pernah dibaca, maka untuk hafal, mahir, dan menguasai tenses secara tepat maka sahabat harus melalui beberapa proses tahapan. Jadi memang tidak serta-merta langsung mahir. Everything needs a process! Enjoy it! Adapun tahapan tersebut antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Menghapal dan memahami tentang verb atau kata kerja dalam bahasa Inggris, baik yang beraturan (regular verbs) maupun kata kerja yang tidak beraturan (irregular verbs) dengan maksimal.
  2. Langkah selanjutnya adalah dengan memahami waktu dari sebuah kejadian (time) yang dibagi menjadi 4 macam.
  3. Lalu pahami sifat dari kejadian (event) yang juga terbagi atas 4 bagian.
  4. Terakhir adalah menghapal dan mempraktikkan gabungan antara time den event yang sudah dipelajari tadi. Ingat, PRAKTEK! Practice makes perfect!
Menurut Douglas Brown, seorang yang expert/pakar dalam bahasa (salah satunya: bahasa inggris), pernah mengatakan bahwa jika kita ingin sukses mempelajari sebuah bahasa terutama bahasa Inggris, maka kita harus mempunyai 3 prinsip dasar yang harus dilakukan. Apa sajakah prinsip-prinsip tersebut?
  1. Komitmen secara fisik: Sahabat BDBI ingin menguasai bahasa Inggris? Maka sahabat harus memiliki komitmen secara fisik. Komitmen secara fisik disini misalnya saja dengan menyisihkan waktu untuk belajar paling tidak 20 menit setiap harinya. Satu lagi yang harus diingat “bahwa tiada hari tanpa belajar!”
  2. Komitmen secara mental: Setelah itu memang tidak cukup hanya memiliki kemotmen secara fisik saja, melainkan juga harus mempunyai komitmen secara mental. Maksudnya, kita harus mampu memproses informasi yang diperoleh dengan maksimal. Tidak hanya mendengar selintas-masuk kuping kiri, keluar kuping kanan saja. Selain itu juga kita harus selalu mempunyai cara maupun solusi untuk tetap terus meningkatkan kualitas berbahasa.
  3. Komitmen secara emosional: Setelah dia komitmen diatas, pastikan juga sahabat memiliki komitmen yang satu ini, karena dengan hal ini kita dapat bertahan dalam belajar bahasa meskipun ketika menghadapi atau menemukan kesulitan dalam belajar. Rasa ‘senang’ dan ‘upaya untuk senang’ adalah dua hal yang sangat berbeda. Selalu ingat dalam benak sahabat “Never Stop Learning!”.
Lalu bagaimana cara diatas dapat diaplikasikan dalam proses belajar 16 tenses dalam bahasa Inggris? Pertama-tama pertahankan semangat belajar sahabat semua. Misalnya dengan cara yang sering admin lakukan ketika ingin belajar. Tarik nafas dan buang nafas secara bergantian sebanyak 3 kali. Senyum juga 3x, masing-masing 1x sesaat setelah membuang nafas, pada saat yang bersamaan ‘sugestikan’ kedalam pikiran sahabat bahwa belajar tense dalam bahasa Inggris adalah sesuatu yang sangat menyenangkan. ^_^ Setelah rileks, lalu gabungkan time dan event yang telah disebutkan diatas tadi sehingga menjadi 16 tenses yang berbeda. Lihat pada tabel proses penggabungan 16 tenses dalam bahasa Inggris berikut ini:

Simple Present Tense
Simple Present Tense

Simple Past Tense
Simple Past tense
Simple Future Tense
Simple Future tense
Simple Past Future Tense
Simple Past Future tense
Present Continuous Tense
Present Continuous tense
Past Continuous Tense
Past Continuous tense
Future Continuous Tense
Future Continuous tense
Past Future Continuous Tense
Past Future Continuous tense
Present Perfect Tense
Present Perfect tense
Past Perfect Tense
Past Perfect Tense
Future Perfect Tense
Future Perfect tense
Past Future Perfect Tense
Past Future Perfect tense
Present Perfect Continuous Tense
Present Perfect Continuous tense
Past Perfect Continuous Tense
Past Perfect Continuous tense
Future Perfect Continuous Tense
Future Perfect Continuous tense
Past Future Perfect Continuous Tense
Past Future Perfect Continuous tense
Setelah semuanya digabungkan maka akan diperoleh tabel 16 tenses dalam bahasa Inggris seperti pada tabel dibawah ini:

Tabel 16 Tenses Dalam Bahasa Inggris

Tabel 16 Tenses Dalam Bahasa Inggris
Demikianlah cara cepat menguasai 16 tenses dalam bahasa inggris paling ampuh yang dapat kami berikan untuk sahabat BDBI semua. Semoga dapat menambah semangat serta membantu sahabat dalam memulai mempelajari bahasa Inggris agar menjadi seorang expert bahasa Inggris. Happy learning and thank you so much!

Sumber : http://www.belajardasarbahasainggris.com/2015/11/26/cara-cepat-menguasai-16-tenses-dalam-bahasa-inggris-paling-ampuh/