Tips Langkah-Langkah Membuat Kegiatan Pembelajaran Listening Bahasa Inggris

http://www.bizopsgroup.com/wp-content/uploads/2015/01/TimeToListen-560x280.jpg

LISTENING MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS

 A.  Film Membiasakan Mendengar Bahasa Inggris

Tujuan yang tentunya ingin dicapai dengan menggunakan film sebagai media pembelajaran, adalah membuat kita terbiasa dengan bahasa Inggris. Jika kita ingin meningkatkan kemampuan listening bahasa Inggris, kita dapat menggunakan film dengan cara menghilangkan subtitle-nya. Hal itu dipercaya membuat kita terbiasa dengan bahasa Inggris yang merupakan bahasa Internasional.  Karena bahasa diyakini bisa dikuasai apabila sering berlatih. Kebingungan dengan kata-kata yang keluar adalah sensasi pertama yang akan kita hadapi. Ada dua manfaat ketika menggunakan film sebagai media pembelajaran, yaitu teknik pengucapan dan tambahan kosakata.

B.  Lagu Bahasa Inggris sebagai Media Pembelajaran Listening

Listening dengan lagu yang menggunakan bahasa Inggris sebagai liriknya akan membuat belajar listening bahasa Inggris yang menyenangkan. Dengan menggunakan lagu sebagai media, kita dapat belajar empat aspek pembelajaran listening sekaligus. Hal ini merupakan salah satu upaya pendekatan untuk meningkatkan kemampuan kita dalam listening bahasa Inggris, juga untuk memotivasi siswa dalam meningkatkan kemampuan listening bahasa Inggris.
Menggunakan lagu sebagai media pembelajaran listening dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1.      Memilih lagu/Film
Salah satu syarat dalam memilih lagu untuk meningkatkan listening adalah pemilihan lagu harus dengan pronounciation yang  jelas. Beberapa pendapat menyarankan agar pemilihan lagu untuk pemula yang ingin belajar listening, disarankan memilih lagu yang melankolis.

2.      Mendengarkan lagu
Pada kegiatan ini yang hanya dapat dilakukan adalah mendengarkan saja. Hal ini adalah untuk membiasakan telinga dengan pengucapan bahasa inggris.

3.      Menyimak
Mendengar tidak sama dengan menyimak. Mendengar dalam bahasa inggris hear sedangkan menyimak adalah listen. Dalam kegiatan ini hanya perlu membawa catatan kecil. Dengarkan dengan seksama lagunya, selanjutnya catat lirik yang diucapkan.

4.      Mencocokkan
Kegiatan terakhir untuk meningkatkan kemampuan listening dengan lagu adalah mencocokkan dengan lirik aslinya. Kemudian artikan lirik tersebut secara keseluruhan. Yang perlu diperhatikan adalah arti satu kata adalah tergantung dari konteks kalimatnya.

DAFTAR PUSTAKA

Flavell, H Roger, (1985), Developing English with Young Learners. London: MacMillan Publishers Limited.

Arli Aditya Parikesit. (2009), Peran Bahasa Asing dalam Dunia Globalisasi [online]. Tersedia:
                    
Belajar Bahasa Inggris [online]. Tersedia:   http://www.belajar-bahasa-inggris.com/ [23 September 2011]


Demikian Share Tips kali ini. Semoga memberi manfaat. Nantikan juga Postingan-Postingan di bagian berikutnya

Jika Share  Tips ini dirasa bermanfaat, tolong beritahu teman-teman yang lain dan bisa berkunjung lagi ke: http://rumahbelajaringgris.blogspot.co.id/

Saran dan masukaya sangat diharapkan.