Tips-Tips Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat


cara mudah belajar bahasa inggris,cara cepat belajar bahasa inggris

Beberapa tips cara mudah belajar bahasa Inggris di bawah ini mungkin sudah pernah saya singgung pada artikel - artikel saya yang sebelumnya, entah itu di bagian intermezzo ataupun content khusus yang membahas topik yang satu ini karena memang akhir-akhir ini saya sering posting mengenai tema tersebut. Secara tidak sengajapun mungkin sobat sekalian sudah pernah melakukan, mengalami dan mencoba tips yang akan saya tulis di bawah apalagi buat yang sudah expert bahasa Inggrisnya, pastinya sudah melalui perjalanan spiritual pengalaman belajar yang sudah banyak seperti halnya Om Mochtar Bungkus.




Inilah caranya. . . . .

1)# Take action untuk speaking

Tidak peduli Anda seorang pemula ataupun intermediate, jika sobat belum pernah mencoba untuk berbicara bahasa Inggris, mulailah take action dari sekarang. Mulailah dari mengucapkan kalimat yang sederhana saja, 2 kalimat dalam sehari. Ucapkan kalimat yang sobat tahu sebisanya, ucapkan yang keras, jangan pedulikan pengucapan itu jelek dan struktur kalimat yang mungkin salah. Berbicara merupakan inti dari semua cara belajar bahasa Inggris yang mungkin sudah pernah sobat pelajari. Kalau sobat tidak segera mencoba maka sobat juga tidak akan pernah tahu bagaimana rasanya belajar bahasa Inggris yang sesungghnya. Bagi sobat yang masih duduk di bangku sekolah ataupun kuliah adalah kesempatan emas untuk memanfaatkan moment kelas bahasa Inggris. Dulu, waktu SMA yang sering saya lakukan adalah mengajukan pertanyaan-pertanyaan sederhana kepada guru bahasa Inggris saya, tentu saja dengan menggunakan bahasa Inggris meski grammarnya masih berantakkan.Why you go to school by bus ? karena saya tahu guru bahasa Inggris saya itu selalu naik bus kalau ke sekolah. Why you don't married ? karena saya tahu guru saya itu cewek single meski umurnya sudah 38 tahun. (ha3x). Meski pertama kali speaking sobat akan terdengar sedikit aneh di telinga teman-teman, tapi hal yang sederhana seperti ini akan melatih rasa percaya diri sobat dalam berbicara bahasa Inggris semakin baik. Bagi yang sudah tidak berada di bangku sekolah atau perkuliahan, sobat bisa berbicara sendiri di kamar tidur, kamar mandi, toilet, di depan cermin atau di depan Handphone sekalian direkam. Cara ini terbilang efektif untuk melatih kemampuan speaking dan membangkitkan passion kita dalam belajar bahasa Inggris.

2)# Apa tujuan Anda belajar bahasa Inggris

Nah, ini yang mungkin sering dipertanyakan banyak orang kenapa kok saya tidak bisa atau lama dalam menguasai bahasa Inggris ? Apakah cara belajar saya yang salah ? Adakah cara mudah dan cepat belajar bahasa Inggris ? ataukah memang bahasa Inggris itu sulit ? Sebelum sobat mempertanyakan itu semua, alangkah baiknya kita mempertanyakan pada diri kita sendiri apa tujuan kita belajar bahasa Inggris ? Dengan mengetahui untuk apa kita mau mempelajari bahasa Inggris, maka akan menentukan juga semangat belajar dan tentunya tingkat keberhasilan kita dalam menguasainya.

3)# Latihlah pendengaran kita

Untuk bisa berlatih berbicara bahasa Inggris, maka setidaknya kita harus mempunyai banyak role model atau contoh, dan contoh yang paling baik yaitu dengan melakukan listening atau mendengarkan. Ketika kita melakukan listening janganlah berfokus pada grammar atau perkata, dengarkanlah cara sesuatu itu diucapkan dan disusun sedemikian rupa. Dan perlu diingat bahwa mendengarkan kata, frase atau kalimat tidak akan bisa lancar hanya sekali itu saja, perlu ada pengulangan baik itu disengaja atau tidak.

4)# Mendengarkan musik dan radio berbahasa Inggris
Cara belajar bahasa Inggris yang satu ini terbilang cukup mudah karena di zaman yang serba gadget seperti sekarang ini, tidak susah untuk mendapatkan musik berbahasa Inggris. Sobat tidak perlu membayar 15 ribu rupiah kepada operator warnet seperti yang dialami tetangga saya hanya untuk mengisi handphonenya dengan lagu bahasa Inggris. Siaran radio bahasa Inggris juga sudah banyak, ya meski kalau ingin ikut berpartisipasi bercakap-cakap dalam bahasa Inggris saya masih harus pergi ke wartel (jaman dulu) untuk akses biaya yang lebih murah dibandingkan dengan HP (he3x). Selain melatih pendengaran kita, kata Om Mochtar listening to music akan menggugah dan membangkitkan soul and our sense.

5)# Menonton film dan siaran berita berbahasa Inggris
Bagi yang suka tidur malam dan nonton bola film Hollywood atau yang ngefans sama actor-actornya, Anda sudah berada di jalur yang benar. Selain seru dan menegangkan, kita juga bisa belajar banyak tentang bahasa Inggris. Mungkin kita akan merasa bahwa bahasa Inggris orang Amerika itu lebih mudah daripada British, lebih jelas dan mudah ditangkap oleh telinga. Selain itu kita juga bisa mendapatkan banyak kosa kata bahasa Inggris atau ekspresi yang mungkin tidak bisa kita jumpai ketika belajar bahasa Inggris di sekolah atau kampus.

6)# Menonton video di youtube
Internet memberikan banyak kemudahan kepada kita untuk belajar apapun termasuk di dalamnya menawarkan kita kemudahan cara belajar bahasa Inggris. Tidak ada salahnya jika mempunyai koneksi internet yang bagus di rumah, bisa dimanfaatkan untuk menonton interviw artis-artis Hollywood kesukaan kita. Sayangnya saya mencari upin ipin yang versi bahasa Inggris belum ada.

7)# Jangan berusaha menterjemahkan kata perkata ke dalam bahasa Indonesia ketika mendengarkan bahasa Inggris
Ketika melakukan listening, usahakan tetap santai, jangan tegang atau panik ketika ada kata atau frase yang terlewatkan atau tidak bisa kita pahami, tetaplah mendengarkan, jangan berusaha untuk meterjemahkan kata perkata ke dalam bahasa kita. Percaya atau tidak hal itu malah akan memperlambat proses belajar bahasa Inggris kita. Dengarkan saja kata atau frase yang bisa kita pahami dan cobalah untuk menangkap makna dari kata yang hilang secara kontekstual saja. Kalau listeningnya disertai gambar misalkan di TV atau video, manfaatkan gambar tersebut sebagai petunjuknya. Misalkan kita mendengar kalimat 'There is a deep valley'. Kalau kita tidak tahu artinya velley, tapi kita melihat disitu ada gambar lembah, maka dari situ kita bisa tahu artinya.

8)# Melihat papan reklame

Papan reklame iklan ataupun billboard yang ada dipinggir-pinggir jalan atau dimanapun tempatnya bisa kita manfaatkan juga lho untuk belajar bahasa Inggris. Kebiasaan saya dulu waktu kecil kalau bepergian ke Bogor naik Bus Garuda sering membaca setiap iklan yang saya lewati dipinggir jalan. Kebiasaan itu terbawa sampai usia SMP dan SMA, kalau lagi travelling kemana-mana selalu memperhatikan dan membaca iklan berbahasa Inggris yang ada di pinggir jalan kemudian memahami maknanya :)

9)# Buatlah buku catatan kecil

Hal ini juga sudah pernah saya singgung pada artikel sebelumnya mengenai tips cara belajar kosa kata. Dulu ketika saya mendapatkan kosa kata, frase atau ekspresi baru dari kegiatan listening di TV, radio ataupun mendengarkan musik akan selalu saya catat dalam sebuah buku catatan kecil yang memang saya bikin khusus sehingga kosa katanya terkumpul menjadi satu dan bisa saya bawa kemana-mana. Tidak bisa saya pungkiri bahwa tidak semua kosa kata yang saya lihat dan dengar sekali itu bisa melekat dalam memori saya dengan baik kalau saya tidak mengulangi melihat, membaca kembali dan menggunakannya dalam kalimat.

10)# Tetaplah berlatih dan jangan pernah menyerah

Untuk mahir dalam berbahasa Inggris diperlukan banyak latihan, jam terbang yang tinggi layaknya atlet profesional atau pilot. Seorang profesional tidak terlahir menjadi profesional di bidangnya kalau tidak mencoba dan menghabiskan banyak waktu untuk berlatih. Kalau mereka berhenti berlatih maka kemampuan mereka juga akan menurun. Semudah apapun cara belajar bahasa Inggris yang sudah kita terapkan, tanpa sering berlatih akan sulit untuk berkembang. 

Demikian Share Tips kali ini. Semoga memberi manfaat.

Jika Share Tips ini dirasa bermanfaat, tolong beritahu teman-teman yang lain dan bisa berkunjung lagi ke: http://rumahbelajaringgris.blogspot.co.id/

Saran dan masukaya sangat diharapkan.