MEMBUAT SOAL ONLINE DENGAN QUIZSTAR (Bagian 1) (+1)

RumahBelajarInggris.Blospot.Com - Sebagai guru tentunya kita tidak pernah lepas dari kegiatan mengevaluasi siswa atas kegiatan belajarnya. Dengan kegiatan evaluasi ini, kita akan mengetahui sejauhmana hasil belajarnya, sehingga dapat memberikan rekomendasi apa yang sebaiknya diberikan kepada anak sebagai tindak lanjut kegiatan evaluasi tersebut. Salah satu kegiatan evaluasi dalam pembelajaran di kelas adalah pengukuran melalui pemberian tes atau ujian kepada anak. Tes biasanya untuk mengukur sejauhmana suatu pokok-pokok materi tertentu yang sudah diserap oleh siswa. Ada banyak jenis dan cara memberikan tes kepada siswa dan telah dibahas berulang-ulang dalam dunia pendidikan. Dalam tutorial ini, kita ingin berbagi tentang cara memberikan tes atau ujian secara online melalui QUIZSTAR.
.
Quizstar dapat digunakan dengan mengakses alamat situs http://quizstar.4teacher.org. Ada banyak kelebihan dengan menggunakan Quizstar, antara lain anda dapat mengelola soal, kelas, melampirkan file multimedia untuk pertanyaannya, membuat soal dengan berbagai bahasa, menampilkan soal pada waktu tertentu, dapat diakses dari komputer manapun yang terhubung ke internet, memungkinkan siswa untuk menyelesaikan dan meninju ulang jawaban kuisnya, dan sebagainya.
.

A.  USER INSTRUCTOR DAN USER STUDENT
.
User Instructor merupakan user yang memiliki hak untuk mengadministrasi dan mengelola soal, kelas dan report. Mengelola soal antara lain membuat soal, skoring soal, mengatur timer atau kapan soal ditampilkan, menentukan jenis dan bentuk soal apakah pilihan ganda, benar-salah (true-false), atau essay. Mengelola kelas berarti membuat kelas, menentukan kelas mana yang dapat mengakses soal yang diujikan dan mengelompokkan siswa pada kelas-kelas tertentu. Report berarti menampilkan hasil diperoleh setiap siswa untuk setiap soal yang dikerjakan, statistik, menentukan berapa kali kesempatan hak sebagai user siswa dapat mengakses soal, mengevaluasi tingkat kesulitan soal, dan sebagainya.
.
Sedangkan User Student merupakan user yang akan mengakses dan mengerjakan soal-soal yang telah diberikan oleh User Instructor. Agar dapat mengakses soal-soal dimaksud, seorang siswa harus terlebih dahulu memiliki account sebagai User Student. Untuk mendaftar account sebagai User Student tidak perlu alamat email seperti halnya pada pendaftaran User Instructor. Cukup memasukkan nama depan, nama belakang, username, dan password. Pendaftaran User Student dapat dilakukan oleh User Instructor atau siswa sendiri. Langkah-langkah pendaftaran User Instructor dan User Student akan dibahas dalam tutorial ini.
.

B.  PENDAFTARAN USER INSTRUCTOR
.
Untuk memiliki account sebagai User Instructor, terlebih dahulu anda harus mendaftar sebagai Instructor dengan mencantumkan sebuah alamat email. Cara mendaftar sebagai user Instructor sebagai berikut:
  1. Buka situs : http://quizstar.4teachers.org/
  2. Klik link [Get Started]
    .
    1. daftar instruktur
    .
  3. Pada tampilan selanjutnya, isikan alamat email pada kotak Email Login, lalu isi juga password dan konfirmasi password. Kemudian klik tombol [Continue].
    .
    2. email
    .
  4. Selanjutnya tampil halaman konfirmasi bahwa pendaftaran telah sukses. Di sini anda diminta untuk mengaktivasi User Instructor yang baru saja dibuat dengan menjalankan sebuah link yang dikirim oleh support@4teachers.org ke alamat email anda.
    .
    3. sucsesful daftar
    .
  5. Selanjutnya anda buka alamat email yang tadi digunakan dalam proses pendaftaran User Instructor. 4. email link
    .
  6. Cari di kotak [Inbox] atau mungkin di kotak [Spam], lalu klik pada link yang diberikan oleh support@4teachers.org.
    .
    4. email link2
    .
Setelah proses ini selesai, maka anda telah memiliki account sebagai User Instructor dan siap untuk digunakan.
.

C.  PENGELOLAAN CLASS FOLDER ATAU KELAS
.
Pengelolaan Class Folder atau kelas dilakukan agar anda memiliki kelas-kelas yang nantinya diisi nama-nama siswa. Dengan adanya Class Folder ini, maka soal-soal yang sudah kita susun kelak, cukup didaftarkan pada kelas yang anda diinginkan, sehingga siswa yang berada pada kelas tersebutlah yang dapat mengakses dan mengerjakan soal-soal tersebut. Setelah kelas dibuat, anda bisa mendaftarkan nama-nama  siswa dengan masing-masing passwordnya kemudian. Langkah-langkah pengelolaan kelas ini sebagai berikut:
  1. Buka kembali alamat http://quizstar.4teachers.org/, lalu klik tombol [Instructors Site]
    .
    5. instructors site
    .
  2. Selanjutnya login dengan memasukkan alamat email dan password yang kita buat pada saat proses pendaftaran sebelumnya.
    .
    6. instructors login
    .
  3. Pada halaman utama Quizstar, klik tab [Class Manager]. 7. clas tab
    .
  4. Pada halaman Class Manager, akan ditampilkan nama-nama Class Folder jika sudah pernah dibuat sebelumnya, sebagaimana pada gambar di bawah ini. Namun jika Class Folder belum pernah dibuat, maka nama-nama Class Folder tidak akan tampak di halaman Class Manager. Class Folder ini adalah nama kelas yang di dalamnya akan diisi nama-nama siswa anda. Pada Class Folder ini juga nanti didaftarkan soal-soal yang dibuat, sehingga siswa-siswa yang ada di dalam Class Folder tersebut dapat mengakses dan mengerjakan soal-soal tersebut. Menarik bukan?
    .
  5. Untuk membuat Class Folder yang baru, klik pada tombol [New Class], seperti pada gambar berikut.
    .
    8. new class
    .
  6. Pada halaman New Class, pastikan anda berada pada tab [Settings]. Kemudian isi nama kelas pada kotak [Class Title]. Nama class title ini nanti akan menjadi nama Class Folder saat ditampilkan pada halaman Class Manager. Selanjutnya isi jumlah pertemuan selama di kelas yang bersangkutan pada kotak [Time]. Jumlah angka pada isian ini tidak mutlak dan tidak mempengaruhi saat siswa mengakses soal. Kemudian isi jumlah siswa pada kelas tersebut pada kotak [Class Quota]. Lalu tentukan opsi [Public Class] atau [Private Class]. Jika anda menggunakan opsi Public Class, maka peserta yang dapat mengakses soal tidak terbatas dari mana saja di seluruh permukaan jagat raya ini, tergantung jumlah class quota yang sudah anda tentukan sebelumnya. Artinya, siapa saja dapat mengakses soal-soal anda. Akan tetapi jika anda menggunakan opsi Private Class, maka yang dapat mengakses soal-soal hanyalah siswa tertentu, yang sudah anda daftarkan pada Class Folder tersebut. Nanti akan kita bahas bagaimana mendaftarkan nama-nama siswa pada kelas tersebut.
    .
    9. buat class
    .
  7. Pada kotak Description, isikan identitas/deskripsi soal anda. Tujuannya agar siswa yang mengakses soal-soal anda mendapat kepastian bahwa mereka tidak salah dalam memilih soal. Hal ini sangat penting, terlebih-lebih pada kelas yang menggunakan opsi Public Class. Selanjutnya klik tombol [Create Class]. 10. description class
    .
  8. Maka pada halaman Class Manager, akan ditampilkan Class Folder yang baru saja kita buat.
    11. Class baru
.
D.  PENGELOLAAN SOAL
Pengelolaan soal bertujuan untuk menentukan judul, tampilan, instruksi soal, dan sebagainya, termasuk bentuk soal apakah multiple choice, true/false, atau uraian singkat. Berikut ini adalah langkah-langkah mengelola soal yang akan diujikan pada class folder XI-TKJ Semester 1 yang baru saja anda buat.
  1. Untuk mengawalinya, klik pada menu [Quiz Manager]. 12. quiz manager
    .
  2. Pada halaman Quiz Manager, terdapat nama-nama soal yang sudah pernah dibuat, seperti pada tampilan gambar di bawah ini. Jika anda belum pernah membuat soal, maka nama-nama soal pada kolom Quiz Title akan kosong. Untuk membuat soal baru, klik pada tombol [New Quiz]. 13. soal baru
    .
  3. Pada halaman Quiz Manager, anda mengelola tampilan soal yang akan diakses oleh siswa di kelas XI-TKJ Semester 1. Pastikan anda berada pada tab [Quiz Setting], lalu isilah dengan memperhatikan keterangan berikut ini:
    • Quiz Title, yaitu judul atau nama soal yang akan ditampilkan kelak pada halaman Quiz Manager. Dalam hal ini saya mengisi dengan KK-13 MIPJBL, yaitu materi kompetensi yang sudah saya ajarkan di kelas tersebut.
    • Quiz Instructions, yaitu kotak tempat instruksi apa yang harus diperhatikan atau dilakukan oleh siswa sebelum menjawab soal.
    • Questions Displayed, yaitu opsi jumlah soal yang akan ditampilkan saat siswa mengerjakan soal tersebut. Di sini saya memilih opsi pertama, yaitu 01 per page (satu soal per halaman), sehingga kesempatan siswa untuk mencontek jawaban teman di sebelahnya semakin kecil.
    • Questions sorted ramdomly, yaitu untuk menampilkan agar nomor-nomor soal ditampilkan secara acak (random). Dengan fasilitas ini, soal yang ditampilkan untuk setiap siswa akan berbeda, walaupun nomor soalnya sama, sehingga meminimalisasi kesempatan mencontek dari teman di sebelahnya.
    • Quiz Attempts, yaitu jumlah kesempatan bagi siswa untuk menjawab soal yang sama. Perlu diperhatikan, jika siswa yang akan mengerjakan soal ini belum terbiasa dengan pengerjaan soal melalui Quizstar ini, maka ada baiknya Quiz Attempts diberi angka 2 atau lebih, sehingga apabila siswa salah dalam prosedur pengerjaan soal, masih ada kesempatan untuk mengulanginya.
      .
    • Feedback to Students About Incorrect Response(s), yaitu untuk memberikan umpan balik bagi siswa terhadap soal-soal yang salah.
      .
    • Correct Answer Shown for Incorrect Responses, untuk menampilkan jawaban yang benar sebagai pembanding atas jawaban yang salah.
      .
    • Email Me Quiz Results, yaitu hasil dari soal yang dikerjakan dikirim secara otomatis ke alamat email. Opsi pengiriman hasil ini dapat dilakukan berdasarkan berakhirnya masa berlakunya soal, harian, mingguan, atau tidak pernah sama sekali.
      .
      14. setting soal
      .
    • Font Size, yaitu untuk menentukan ukuran huruf yang ditampilkan pada saat soal dikerjakan oleh siswa.
      .
    • Enable a Timer for your Quiz, yaitu untuk menentukan berapa lama waktu pengerjaan soal.
      .
    • Setelah selesai pengaturan tampilan soal, selanjutnya klik tombol [Save] untuk menyimpan.
      .
      15. setting soal2
      .

E.   PEMBUATAN SOAL
Setelah tahap pengelolaan sebuah soal dilakukan, selanjutnya anda akan membuat soal. Sebelum soal ditulis, terlebih dahulu kita tentukan jenis soal yang akan dibuat, apakah soal bentuk multiple choice (pilihan ganda), true/false (benar/salah), atau essay (uraian singkat). Dalam contoh ini, kita akan membuat soal dengan bentuk multiple choice. Untuk pembuatan soal ini, langkah-langkahnya berikut:
  1. Pastikan anda berada pada sub tab [Question Form].
  2. Pada kotak [Question worth], tentukan skor untuk setiap soal yang akan ditampilkan.
  3. Pada kotak [Question], isikan pertanyaan yang akan diberikan. Jika soal yang diberikan ini mengandung gambar atau video, maka sisipkanlah gambar atau video dengan mengkilik tombol [ATTACH MEDIA].
  4. Jika soal yang diberikan ini mengandung gambar atau video, maka sisipkanlah gambar atau video dengan mengkilik tombol [ATTACH MEDIA].
    .
    16. susun soal-1
    .
  5. Klik tombol [Browse…] untuk memilih file gambar atau video yang akan disisipkan pada soal.
    .
    17. insert media
  6. Cari file gambar atau video yang akan disisipkan, lalu klik tobol [Open].
    .
    18. insert media2
    .
  7. Selanjutnya klik tombol [Upload]
    .
  8. Setelah file gambar ditampilkan di Media Repository, klik tombol [Insert] yang terdapat di atas file gambar tersebut.
    .
    19. insert media3
    .
  9. Selanjutnya file gambar akan tampak tersisip menyertai soal yang sudah kita isi sebelumnya.
    .
    20. insert media4.
  10. Selanjutnya anda tentukan jenis soal yang akan ditampilkan. Ada 3 (tiga) opsi bentuk soal yang dapat dipilih, yaitu:
    • Multiple Choice (MC), yang terdiri dari Multiple Choice (memilih salah satu jawaban yang paling benar), dan Multiple Correct (opsi jawaban yang benar lebih dari satu).
    • True / False (TF), yaitu bentuk pernyataan soal benar atau salah.
    • Short Answer (SA), yaitu soal bentuk essay atau isian singkat.
      .
  11. Karena dalam contoh soal yang akan kita buat ini adalah bentuk soal Multiple Choice (memilih salah satu opsi jawaban yang paling benar), maka klik pada opsi Multiple Choice (MC) dan Multiple Choice: “Select One”
    .
    21. insert media4
    .
  12. Selanjutnya isilah opsi jawaban pada masing-masing kotak di bagian [Mark Correct]. Beri tanda ceklist pada kotak kecil di sebelah opsi jawaban yang benar yang merupakan kunci jawaban pada soal tersebut. Jika opsi jawaban memerlukan gambar atau video, lakukan penyisipan file gambar atau video seperti pada langkah sebelumnya dengan mengklik tombol [ATTACH MEDIA] pada masing-masing opsi jawaban.
    .
    22. opsi jawaban
    .
  13. Jika opsi jawaban yang tersedia masih kurang (defaultnya disediakan 5 opsi), maka tambahi opsi jawaban dengan mengklik tombol [Add another choice].
    .
  14. Setelah satu soal dibuat lengkap beserta opsi jawabannya, simpan dan lanjutkan untuk membuat soal berikutnya dengan mengklik tombol [Save, make new question]. Namun jika tidak ingin melanjutkan ke soal berikutnya, maka klik pada tombol [Save, go to question list] untuk menampilkan daftar susunan soal yang sudah dibuat.
    .
    23. save
    .
  15. Dalam contoh ini saya akan klik pada tombol [Save, go to question list] untuk menampilkan daftar soal yang sudah dibuat seperti gambar berikut ini. Untuk melanjutkan pembuatan soal untuk nomor berikutnya klik pada tombol [New Question]. Sedangkan untuk menjalankan soal yang sudah dibuat klik pada tombol [Preview Quiz].
    .
    24. list soal
    .
  16. Tampilan preview soal nomor 1 yang telah dibuat.
    .
    25. preview soal
.
Demikianlah cara pembuatan soal dengan menggunakan Quizstar. Selanjutnya adalah mendaftarkan soal yang sudah dibuat pada kelas yang sudah ada.

Sumber: http://guraru.org/guru-berbagi/membuat-soal-online-dengan-quizstar/


Jika ini dirasa bermanfaat, tolong beritahu teman-teman yang lain dan bisa berkunjung lagi ke sini di http://rumahbelajaringgris.blogspot.co.id/

Saran dan masukaya sangat diharapkan.