Penjelasan Idea Utama dalam Bahasa Inggris.

RumahBelajarInggris.Blospot.Com – Penjelasan Idea Utama dalam Bahasa Inggris.

 The main idea is the most important thing the paragraph says about the topic. The topic is what a paragraph is all about.

    Kalimat utama, ide pokok, gagasan utama, dan pikiran utama adalah empat istilah yang sebetulnya bisa dipangkas menjadi dua saja; Kalimat utama dan ide pokok/gagasan utama/pikiran utama.

    Ide pokok, gagasan utama, dan pikiran utama merupakan tiga istilah berbeda yang menunjuk pada persoalan yang sama. “Ide” dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diartikan sebagai rancangan yang tersusun di dalam pikiran. Sementara, “gagasan” artinya hasil pemikiran. Dan “pikiran” adalah hasil berpikir. Tetapi dalam bahasa inggris ketiga istilah tersebut menunjuk satu istilah “Idea” walaupun tentunya secara etimologi akan berbeda. 
saya simpulkan bahwa “ide” merupakan bahasa serapan untuk arti yang juga di sebut sebagai “gagasan” atau“pikiran”

    Gagasan utama, ide pokok, dan pikiran utama dalam bahasa inggris disebut “main idea” . Jadi kita akan membahas pengertian “kalimat utama” dan “ide pokok/gagasan utama/pikiran utam.

    
Gagasan Utama
      Gagasan utama atau dalam bahasa inggris “main idea” secara sederhana dapat diartikan sebagai inti dari kalimat utama. Pengertian ini merupakan hasil pendekatan dari aplikasinya, bukan pada proses kreatif kepenulisan. Karena pada dasarnya, gagasan utama akan secara paksa atau alami tertuang secara jelas dalam kalimat utama.
Pada contoh paragraf di atas, gagasan utamanya adalah “bahwa tanda-tanda infeksi bisa ditemukan sendiri dengan mengamati kulit anak dari dekat.”
     Gagasan utama bersifat abstrak. Artinya, gagasan utama tidak melulu tertuang secara konkret dalam sebuah paragraf. Gagasan utama ini akan tertuang dalam bentuk kalimat utama. Sementara kalimat bisa beragam bentuk dan sudut pandangnya.
Dari uraian di atas, kita akan dengan mudah menemukan gagasan utama sebuah paragraf ketika kalimat utama sudah ditemukan. Begitu juga sebaliknya, kalimat utama akan mudah ditemukan, ketika gagasan utama sudah bisa ditangkap.  Namun, karena kalimat utama lebih bersifat aplikatif, maka, akan lebih objektif jika pencarian kalimat utama didahulukan daripada gagasan utama.
     Pemahaman terhadap dua hal di atas hanya mungkin didapat melalui proses latihan yang terus menerus. Dalam proses pembelajaran di sekolah hendaknya siswa diarahkan untuk terus berlatih menemukan dua hal tersebut dalam satu atau tiga wacana penuh. Wacana bisa diambil dari surat kabar terpercaya atau media lainnya.

Kalimat Utama/Kalimat Pokok
    Kalimat utama adalah kalimat yang menjadi inti/dasar suatu paragraf. Jika kalimat tersebut sengaja dihilangkan, maka isi paragraf tersebut akan hilang. Hal ini tidak terjadi dengan kalimat-kalimat lain yang memang hanya berfungsi sebagai penjelas. Kalimat utama berupa ringkasan dari sebuah paragraf yang rupakan pandangan mendalam dari ide pokok penulis dalam paragraf tersebut.
Sebagai contoh, perhatikan paragraf berikut.
Banyak orang tua yang makin tidak awas terhadap bahaya MRSA. Sementara mereka yang mengetahuinya khawatir jika telah mengabaikan tanda-tanda awal. Sebenarnya, anda tak perlu terburu-buru ke dokter tiap kali anak batuk atau muncul ruam di kulit. Anda bisa menemukan sendiri tanda-tanda infeksi dengan mengamati kulit anak dari dekat.
    Kalimat utama pada paragraf tersebut adalah “Anda bisa menemukan sendiri tanda-tanda infeksi dengan mengamati kulit anak dari dekat.” Ketika kalimat tersebut dihapus, maka isi dari paragraf tersebut akan buyar atau bahkan hilang. Tetapi itu tidak akan terjadi pada kalimat pertama dan kedua. Kalimat tersebut mengandung permasalahan yang diuraikan kalimat penjelas.

    Dalam Bahasa Inggris, kalimat utama/kalimat pokok/pokok kalimat, ini disebut sebagai “topic sentence” atau “focus sentence”.
Jadi secara garis besar, kalimat utama akan memiliki point-point berikut.
1. Mengandung permasalahan yang potensial untuk diuraikan;
2. Mempunyai arti yang jelas tanpa dihubungkan dengan kalimat lain
3. Umumnya berada di awal paragraf (untuk paragraf deduktif), dan di akhir paragraf (paragraf induktif).

Mencari main idea dalam paragraf Orientation

Pay attention to this paragraph bellow !

  On Friday I went to Mount Bromo. It is one of the mountains Iwant to see very much. It is near   Probolinggo. That is why I stayed at Nida and Hasan's house at Cemara Lawang, Probolinggo.
 
Ingat :
   -  main idea adalah ide pokok (gagasan utama) dalam suatu paragraf.
  -  main idea dapat diletakkan di depan, tengah atau akhir paragraf.
Contoh :
  Main idea pada paragraf di atas terdapat di awal paragraf yaitu : " On Friday I went to Mount Bromo".


 Latihan dan Pembahasan

Reading
An Email From Hannah
Hello, Alia! Let me introduce myself. My name is Hannah. I know your name from my friend, Caroline. She told me that you sent her an email telling her that you would like to have more pen pals from the US. I’d really like to be your E-pal. You sound really cool.
v

Answer the following questions briefly.
1. How does Hannah contact Alia? Is there anybody introducing Hannah to Alia?


2. How does Hannah contact Alia? Is there anybody introducing Hannah to Alia?



Jika ini dirasa bermanfaat, tolong beritahu teman-teman yang lain dan bisa berkunjung lagi ke sini di http://rumahbelajaringgris.blogspot.co.id/

Saran dan masukaya sangat diharapkan.