Chapter 2 Complementing And Showing Care Materi Bahasa Inggris Kelas X K13

RumahBelajarInggris.Blospot.Com - Pada kesempatan ini Rumah Belajar Inggris akan membahas tentang materi compliment. Jika kalian yang sedang berada di bangku SMA kelas X pasti akan menemui materi Complementing dan Showing Care.
Sebagai orang indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya pujian (compliment) dan menunjukkan rasa peduli. Karena sebenarnya memang orang indonesia ini selain baik hati, ramah, dan santun, juga memiliki kelebihan lain yaitu suka memuji lawan bicara untuk menyenangkan hati orang lain serta menunjukkan rasa pedulinya.

1.   COMPLEMENTING (PEDULI)
The Definition of Expression of Compliment
Expression of Compliment is an expression that we say to express or give praise to someone else. (Expression of Compliment adalah ekspresi yang kita katakan untuk mengungkapkan atau memberikan pujian kepada orang lain).
Jadi ungkapan pujian atau kekaguman diberikan oleh seseorang kepada orang lain apabila ia merasa heran atau merasa seseorang telah memiliki sesuatu yang luar biasa, bagus, indah atau melakukan sesuatu yang dianggapnya diluar kemampuan normalnya.
Orang barat mengatakan “compliment is used to “butter up” somebody or to flatter in order to increase good will, for example :(pujian digunakan untuk menyanjung seseorang untuk meningkatkan niat baik,

Kapan Kita Harus Mengucapkan Compliment / Pujian Kepada Seseorang?
Ø  On his/her general appearance
(Pada penampilannya secara umum)
Ø  If you notice something new about the person’s appearance
(Jika Anda melihat sesuatu yang baru tentang penampilan seseorang)
Ø  When you visit someone’s house for the first time
(Ketika Anda mengunjungi rumah seseorang untuk pertama kalinya)
Ø  When other people do their best
(Ketika orang lain melakukan yang terbaik)

Berikut Beberapa Contoh Ungkapan Pujian dan Cara merespon nya dalam Bahasa Inggris

Expression of Complementing
Responds
Ø  What a wonderful performance! (Penampilan yang sangat bagus!)
Ø  I must express my admiration to you! (Saya harung mengungkapkan kekaguman saya kepadamu!)
Ø  What a nice dress! (Gaun yang sangat bagus!)
Ø  You looks so gorgeous! (Kamu terlihat sangat anggun!)
Ø  Great job! / Good job! (Kerja bagus!)
Ø  What a beautiful skirt you are wearing! (Rok yang kamu pakai sangat bagus!)
Ø  You really did a good job! (Kau melakukan kerja yang sangat bagus!)
Ø  I'm proud of you! (Aku bangga padamu!)
Ø  I think you are very great! (Aku rasa kau sangat luar biasa!)
Ø  It looks good on you., (Itu terlihat bagus untukmu)
Ø  You looks beautiful today. (Kamu terlihat cantik hari ini)
Ø  Thank you, (Terima kasih)
Ø  Thanks, (Terima kasih)
Ø  I am glad you like it, (Aku senang kau menyukainya)
Ø  It is very kind of you to say   that, (Baik sekali kau mengatakannya)
Ø  Thanks a lot, (Terima kasih banyak)
Ø  Thanks a lot for your appreciation, (Terima kasih atas apresiasimu)
Ø  I am so grateful to you. (Aku sangat berterima kasih padamu)


Rahmi        : Hello. How are things going on, Sinta ?
Sinta         : Hi. Good, and you?
Rahmi       : I’m feeling great today. How was your weekend with       your family in Batu?
Sinta         : Excellent! We had a lovely time there. You should have 
                    gone there with us.
Rahmi       : Really? Hey, what a beautiful skirt you are wearing. It matches your blouse.
Sinta         : Thanks a lot. My sister bought it for me last month.
Rahmi        : Wow! That’s wonderful.
Sinta         : Oh, Rahmi, can I ask you something?
Rahmi        : Oh, sure. Please.
Sinta         : Have        you   finished      writing       the    book we    discussed two months ago?
Rahmi        : Yes. Come to my room. Look at this. What do you think?
Sinta         : Terrific. I like the cover. Let me see the contents. This book is excellent. You really did a great job.
Rahmi        : Thanks a lot. You’ve inspired me to do this.
Sinta         : Your publisher should send it to all bookstores here.
Rahmi        : Yes, you’re right. The publisher will do it for me.
Sinta         : Well, that’s great. I am proud of you, Rahmi. By the way, I’ve got to go now. Have a nice day!
Rahmi       : You, too.

 

2.   SHOWING CARE
The Definition of Showing Care/Sympathy Expression
Sympathy Expression is an expression or feeling of pity and sorrow when we know and see someone or people are unlucky or have trouble and in bad condition. By expressing sympathy we want to show our concern or carefulness on other people‘s condition.
(Ekspresi Simpati adalah ungkapan atau perasaan kasihan dan sedih ketika kita mengetahui atau melihat seseorang atau orang-orang sedang sial atau mengalami kesulitan dan dalam kondisi buruk. Dengan mengungkapkan simpati kita ingin menunjukkan kepedulian kita atau perhatian kita pada kondisi orang lain).

Kapan Kita Harus Mengucapkan Compliment / Pujian Kepada Seseorang?
Ø  Mengiriminya surat ( Sending Letter )
Ø  Mengiriminya SMS (Sending SMS )
Ø  Mengiriminya E-mail ( Sending E-Mail)
Ø  Atau langsung bertemu (Face to Face )
    Dengan cara ini, Orang yang sedang dalam kondisi buruk dapat mengetahui bahwa anda merasakan yang ia rasakan pada saat ini, dan menujukan bahwa anda peduli terhadapnya.

Berikut Beberapa Contoh Ungkapan Pujian dan Cara merespon nya dalam Bahasa Inggris

Expression of Complementing
Responds
Ø  I'm extremely sorry to hear that. (Aku sangat berduka mendengarnya)
Ø  I was deeply sorry to hear you sick. (Aku sangat berduka mendengarmu sakit)
Ø  Please accept my condolences. (Turut berbela sungkawa)
Ø  I know how it feels. (Saya tahu bagaimana rasanya)
Ø  I am sorry to hear that (Turut berduka cita)
Ø  That's too bad (Itu buruk sekali)
Ø  What a pity of you! (Kasihan sekali kamu!)
Ø  I sympathize with your condition. (Aku peduli dengan keadaanmu)
Ø  It would be OK soon. (Itu akan segera membaik)
Ø  Don't worry, I'm here for you. (Jangan khawatir, aku disini untukmu)
Ø  It is going to be alright. (Itu akan baik-baik saja)
Ø  You've helped me a lot during my difficult situation (Kau membantuku banyak pada saat aku kesusahan)
Ø  I am sorry about your accident. I'll always be here if you need my help. (Aku turut berduka dengan kecelakaanmu. AKu akan selalu disini jika kau ingin bantuanku)
Ø  I know you have tried your best. I am sure next time you will get a better score. (Aku tahu kau sudah mencoba yang terbaik. Aku yakin lain kali kau akan mendapatkan nilai yang lebih baik)
Ø  If you need anything, please just call me. (Jika kamu menginginkan sesuatu, telepon saja aku)

Ø  Thanks for your sympathy (Terima kasih banyak atas kepedulianmu)
Ø  Thank you so much (Terima kasih banyak)
Ø  Thank you so much, they are so lovely. (Terima kasih banyak, ini cantik sekali)
Ø  You are truly good friends (Kau benar benar teman terbaik)
Ø  It was very nice of you to think of me in this time of sadness (Kau sangat baik mau memikirkanku disaat waktu sedihku ini)
Ø  It is very kind of you (Kau baik sekali)
Ø  I hope so (Aku harap begitu)
Ø  That's a pity isn't it? (Kasihan kan?)
Ø  Thanks for your support (Terima kasih atas dorongannya)
Ø  I would be OK, thank you very much for your support. (Ini akan baik - baik saja. Terima kasih atas doronganmu)
Ø  That's what friends are for (Inilah artinya teman)
Ø  Thanks for your concern. (Terima kasih atas perhatianmu)
Ø  Yes, It is i will try harder next time (Ya aku akan mencoba lebih keras lain kali)
Ø  Thank you, I'd really appreciate that (Terima kasih. Aku sangat menghargai itu)

Rama  :  You look so pale. I bring you some soup, fix you some tea and bake you some treats. Hope you recover soon. (Kau terlihat sangat pucat, aku membawakanmu sup,teh, dan juga aku sudah memanggang kue untukmu. Semoga kau cepat sembuh)
Imran : Thanks a lot. What a lovely friend you are! I really appreciate that. (Terima kasih banyak. Kau teman yang sangat baik! aku sangat menghargainya)
Rido :  I also water your plants and tidy your room. (Aku juga menyiram tanamanmu dan membereskan kamarmu)
Imran : Thank you very much. I'm glad you do it for me. (Terima kasih, aku senang kau melakukannya untukku)
Ramon : To help you feel better, I'd fluff up your pillow and straighten your sheets. (Untuk membantumu lebih baik, aku sudah membereskan bantal dan sprei untukmu)
Imron : I am so grateful to you. You are the best friends I have ever had. (Aku sangat bersyukur padamu. Kau adalah teman terbaik yang aku punya)

Lihatlah tiga situasi berikut yang perlu kita pertimbangkan saat mengekspresikan rasa Peduli.





Jika ini dirasa bermanfaat, tolong beritahu teman-teman yang lain dan bisa berkunjung lagi ke sini di http://rumahbelajaringgris.blogspot.co.id/
  
Saran dan masukaya sangat diharapkan.