Materi Pembahasan Kata Benda (Noun) dan Kata Sifat (Adjective) Dalam Bahasa Inggris

RumahBelajarInggris.Blospot.Com -  Bagi yang masih belum mengenal Noun dan Adjective, jangan khawatir. Kali ini RBI akan menjelaskan dan Anda akan segera mengetahui apa itu Noun dan Adjective. 


1.   Noun (Kata Benda)
Di dalam bahasa inggris kita mengenal 8 (delapan) parts of speech (bagian-bagian kalimat), yaitu verb (kata kerja), noun (kata benda), adjective (kata sifat), adverb (kata keterangan), interjection (kata seru), pronoun (kata ganti), conjunction (kata penghubung) dan preposition (kata depan).
Di antara delapan part of speech tersebut, keberadaan Noun sangat penting, karena Noun mempunyai kemampuan untuk melakukan suatu tindakan atau pun yang dikenai sebuah tindakan.
Noun adalah kata benda dalam bahasa inggris yang digunakan yang digunakan untuk mendefinisikan orang, tempat, hewan, tanaman, benda, kualitas akan sesuatu, atau suatu kegiatan. (Misalnya: man = lelaki, house = rumah, cat = kucing, roses = bunga-bunga mawar, the quality = kualitas, writing = menulis, dan lain sebagainya.). Oleh karena itu, noun merupakan bagian penting dari sebuah kalimat.

2.   Adjective (Kata Sifat)
Adjective adalah jenis kata yang berfungsi untuk memberikan penjelasan kepada kata benda (noun). Dengan kata lain, adjective memberikan informasi tentang sebuah benda dilihat dari warna, ukuran (tinggi, rendah, panjang, pendek), bentuk, usia, asal, bahan, kuantitas dan kualitas.
Bisa dibilang adjective itu memberikan karakteristik atau ciri-ciri dari sebuah benda. Dengan menyertakan adjective dalam kalimat atau frase, kamu bisa memberikan kejelasan tentang benda yang dimaksud. Si pendengar tahu dengan cepat benda tersebut.
Contoh:
  • The car (sebuah mobil)
  • The red car (sebuah mobil berwarna merah)

Frase pertama terdiri dari sebuah kata sandang The dan sebuah kata benda car. Jika hanya ada satu mobil saja, maka tentu mobil yang dimaksud adalah mobil itu saja.

Nah, bagaimana jika lokasinya di parkiran dan ada banyak mobil??? Tentu diperlukan ciri khusus dari mobil yang dimaksud. Untuk itu frase kedua akan sangat membantu. The red car membantu pendengar mengetahui dengan pasti mobil yang dimaksud adalah berwarna merah.
Kata red  termasuk Adjective dan memberikan penjelasan lebih lanjut tentang mobil mana yang dibicarakan. Jika ada sejumlah mobil, kamu akan segera tahu bahwa mobil yang dimaksud adalah yang berwarna merah (red).
Jadi, fungsi kata adjective adalah untuk memberikan penjelasan lebih lanjut tentang benda yang dimaksud, baik itu benda hidup (living things) maupun benda mati (non living things).
3.   Contoh Noun dan Adjective
Book (buku)
Nice
House (rumah)
Wonderful
Cat (kucing)
Smart
Car (mobil)
Bad
Town (kota)
Good
Dog (anjing)
Naughty
Semarang
Honest
Dalai lama
Happy
Teacher (guru)
Angry
Fan (kipas)
Brave
Book (buku)
Nice

4.   Contoh Penggunaan Noun dan Adjective
Contoh Kalimat dan Formulasi:
  • ·         He has a large garden. Dia memiliki sebuah taman luas. 
Perubahan kata : large (Kata sifat/ Adjective) + garden (Kata Benda/ Noun) = big garden
  • ·         We have small class. Kami memiliki kelas kecil. 
Perubahan kata : small (Kata sifat/ Adjective) + class (Kata Benda/ Noun) = small class
  • I love black shoes. Aku suka sepatu hitam.
Perubahan kata : black (Kata sifat/ Adjective) + shoes (Kata Benda/ Noun) = black shoes

  • Angie buys sweet fruits. Angie membeli buah manis. 
Perubahan kata : sweet (Kata sifat/ Adjective) + fruits (Kata Benda/ Noun) = sweet fruits 
  • They always get huge fish. Mereka selalu mendapat ikan besar. 
Perubahan kata : huge (Kata sifat/ Adjective) + fish (Kata Benda/ Noun) = huge fish
  • My brother lives in an old house. Saudara ku tinggal di sebuah rumah tua.
Perubahan kata : jaold (Kata sifat/ Adjective) + house (Kata Benda/ Noun) = old house


He is a lazy girl. Dia adalah seorang gadis malas.
Perubahan kata : lazy (Kata sifat/ Adjective) + girl (Kata Benda/ Noun) = lazy girl

  • We watch a big match. Kami menonton pertandingan besar.
Perubahan kata : big (Kata sifat/ Adjective) + match (Kata Benda/ Noun) = big match
 Bila kalian akan menggabungkan 2 kata menjadi sebuah frasa yang berfungsi sebagai Objek maka berikut ini adalah formulasi nya:

Kata sifat/ Adjective + Kata Benda/ Noun (letakkan kata sifat di awal lalu diikuti dengan kata benda)

Dari contoh kalimat di atas kalian dapat menemukan sebuah formulasi penggabungan kalimat yang nantinya akan berfungsi sebagai Objek.


Jika ini dirasa bermanfaat dan memberikan manfaat dan menyelesaikan masalah kalian. Selamat mencoba dan berlatih, tolong beritahu teman-teman yang lain dan bisa berkunjung lagi ke sini di http://rumahbelajaringgris.blogspot.co.id/

Saran dan masukaya sangat diharapkan.

Good Luck!